Cara Menghapus Virus Malware Redirect Pada CMS WordPress

oleh | Maintenance Website | 0 Komentar

5/5 - (1 vote)

Hallo sahabat SITEWEB.ID sebelumnya apakah anda sedang mengalami masalah pada website anda karena ketika membuka website anda tapi tiba-tiba website yang anda akses dialihkan atau meredirect ke website orang lain atau tampilan website anda berubah seperti terkena Hack, nah karena anda sudah masuk ke artikel ini anda sangatlah beruntung, karena disini admin akan memberikan solusi terhadap anda bagi yang websitenya mungkin terkena masalah virus malware redirect yang disebabkan oleh prilaku Hacker diluar sana dengan peyerangan yang sering disebut dengan SQL Injection.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan utama mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu yang disebut SQL Injection? untuk mengetahuinya berikut ini admin akan menjelaskannya secara singkat supaya anda tidak sekedar dapat memperbaiki masalah pada website anda yang terkena virus malware redirect tetapi anda juga bisa mengetahui penyebabnya. Berikut adalah pengertian dari SQL Injection dan Malware.

Pengertian SQL Injection

Injeksi SQL (Bahaasa Inggris: SQL Injection) adalah sebuah teknik yang menyalahgunakan sebuah celah keamanan yang terjadi dalam lapisan basis data sebuah aplikasi. Celah ini terjadi ketika masukan pengguna tidak disaring secara benar dari karakter-karakter pelolos bentukan string yang diimbuhkan dalam pernyataan SQL atau masukan pengguna tidak bertipe kuat dan karenanya dijalankan tidak sesuai harapan. Ini sebenarnya adalah sebuah contoh dari sebuah kategori celah keamanan yang lebih umum yang dapat terjadi setiap kali sebuah bahasa pemrograman atau skrip diimbuhkan di dalam bahasa yang lain.

Sumber: Wikipedia

Pengertian Malware

Malware (sebutan untuk perangkat lunak berbahaya) adalah perangkat lunak apa pun yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer[1][2] (sebaliknya, perangkat lunak yang menyebabkan kerusakan yang tidak disengaja karena beberapa kekurangan biasanya digambarkan sebagai kutu perangkat lunak)[3] Berbagai jenis malware ada, termasuk virus komputer, cacing komputer, kuda troya, perangkat pemeras, perangkat pengintai, perangkat lunak beriklan, dan scareware.

Sumber: Wikipedia

Nah itulah pengertian singkat mengenai SQL Injection dan Malware yang diambil dari Wikipedia, selanjutnya setelah anda mengetahui apa itu SQL Injection kita lanjut ke pembahasan awal cara mengatasi masalah website yang terkena virus malware redirect, seblumnya lihat juga apa saja penyebab yang biasanya sering kita lakukan sehingga website kita terkena virus malware tersebut, berikut adalah beberpa penyebabnya diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab Website WordPress Terkena Virus Malware

Biasanya yang disebabkan terjadinya website kita terkena virus tersebut diantaranya yaitu:

1. Instalasi Template atau Plugin Nulled

Penyebab yang paling banyak dilakukan oleh anda diantaranya salah satunya yaitu ketika anda melakukan penginstalan template atau plugin yang bukan dari sumber atau penyedia resminya atau bisa disebut template atau plugin Nulled, mengapa demikian? karena template yang bukan berasal dari pemilik resminya mungkin saja oleh pihak yang tidak bertanggung jawab biasanya suka menyisipkan kode rahasia yang dapat memberikan akses ke website kita ketika kita menginstal di website anda.

2. Terdapat Virus Malware di PC/Laptop

Besar kemungkinan juga terjadinya atau terinfeksinya webiste kita karena virus malware itu besar kemungkinan juga, karena PC/Laptop kita terdapat virus malware redirect tersebut dan kita login ke website kita itu juga sangat besar kemungkinan website kita rentan terkena virus tersebut.

Nah itu mungkin salah satu kedua penyebab terkenanya virus malware pada website CMS WordPress kita yang biasanya sering terjadi, lalu jika wesbite kita sudah terlanjur terkena virus malware tersebut langkah apa yang harus anda lakukan dan apakah website kita bisa berjalan normal lagi? tentunya sangatlah bisa, lalu bagaimana caranya? Untuk cara mengatasi masalah website yang terkena virus malware tersebut berikut ini akan kami berikan langkah-lanngkahnya, silahkan baca dengan baik penjelasannya berikut.

Cara Mengatasi Website yang Terkena Virus Malware Redirect

Untuk cara mengatasi masalah website yang terkena hack terkena virus malware silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Instal Plugin Wonderfance

virus malware redirect
Plugin Wordfence Security – Firewall & Malware Scan

Langkah yang pertama harus anda laukan untuk mengatasi website yang terkena virus malware redirect yaitu silahkan anda instal plugin yang bernama “Wonderfance” untuk mendownload pluginnya silahkan kunjungi link berikut “Download Plugin Wonderfance“. Setelah anda mendownloadnya silahkan anda langsung aktifkan pluginya langsung di website anda.

2. Buat Akun Wonderfance

virus malware redirect
Plugin Wonderfance

Setelah anda mengaktifkan plugin Wonderfance tersebut selanjutnya nantinya anda akan disuruh untuk registrasi akun silahkan anda ikuti langkah-langkahnya pada tahap ini.

3. Scan Malware

virus malware redirect
Scan Malware dengan Wonderfance

Selanjutnya di tahap ini langkah untuk menghapus malware yang terdapat pada website anda yaitu silhakan anda lakukan pemindaian pada website anda dengan Wonderfance silhkan anda masuk ke menu Scan pada Wonderfance dan klik Start New Scan. Silahkan anda tunggu proses scanning yang dilakukan oleh plugin ini, pada tahapan ini yang harus anda lakukan jangan menutup tab browser anda atau pergi ke halaman lainnya sampai proses scanning website tersebut selesai.

4. Melihat Hasil Scaning Malware

virus malware redirect
Hasil Scanning Malware

Setelah anda selesai melakukan scanning silahkan anda lihat hasil scanningnya dibawahnya di bagian Results Found, jika anda melihat daftar listnya silahkan anda baca apa penyebabnya, perlu anda ketahui dibagian ini virus yang berpengaruh terhadap web anda itu tentunya tidak sama dan berpariatif sesuai dengan permasalahan websitenya masing-masing. Dan untuk mengatasi masalahnya silahkan anda tinggal klik Repair All Reapirable Files

Repair All Reapirable Files

Penting untuk diketahui juga plugin Wonderfance ini tidak cukup untuk mengatasi masalah terhadap virus yang terjadi pada website anda selain itu juga harus melakukan tidakan manual lainnya untuk menghapus virus pada website anda, contoh kasus yang terjadi karena virus malware yaitu di setiap postingan artikel kita terdapat atau terinjek script yang asing dan itu yang disebut malware atau virus SQL Injection. Untuk mengatasi masalah tersebut anda harus mengedit dan menghapus satu persatu kode script virusnya. Namun apakah kita harus menghapus satu persatu kode script yang terdapat pada postingan kita? jawabannya iya, namun disini admin akan memberikan solusinya untuk anda dengan memanfaatkan plugin yang ada, lalu apa nama pluginnya? pluginnya yang bernama Search and Replace.

5. Instal Plugin Search and Replace

virus malware redirect
Plugin Search and Replace

Silahkan anda download dan aktifkan pluginnya yang bernama Search anda Replace untuk mendownloadnya silahkan kunjungi url berikut “Download Plugin“.

6. Replace Kode Script Malware

virus malware redirect
Replace Kode Script

Di tahap ini setelah anda tadi melakukan scanning pada website anda jika muncul malware yang terdeteksi terhadap postingan artikel kita dan semua postingan artikel kita terinjek kode script malware untuk melakukan pengeditan postingan kita secara masal langkahnya silhakan anda replace kode scriptnya seperti gambar diatas.

7. Scanning Ulang

virus malware redirect
Sacning Virus Malware di Web

Selanjutnya tahap akhir jika anda sudah melakukan repair atau menghapus virus malware yang terdapat pada website anda yang harus anda lakukan adalah melakukan scanning ulang dengan Wonderfance, hal tersebut tujuannya untuk memastikan apakah kita sudah benar memperbaiki atau sudah benar benar menghapus virus malware yang terdapat pada website kita. Untuk melihat website kita sudah benar-benar terhindar dari virus malware anda bisa melihatnya seperti gambar daitas semuanya sudah terdapat tanda Centang dan itu tandanya di website kita sudah bersih dan terhindar dari virus malware.

Nah mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan tentang bagaimana cara menghapus virus Malware Redirect Pada CMS WordPress. Dan bagi anda yang sudah pusing dan bingung cara mengatasinya atau mungkin sudah melakukan langkah-langkah diatas tapi masih saja websitenya bermasalah karena virus malware tersebut disini kami menyediakan jasa kepada anda yaitu jasa maintenance website anda salah satunya memperbaiki masalah tersebut, untuk itu jika anda ingin meminta jasa kami silahkan anda hubungi kami via kontak yang tersedia di website ini atau juga tinggal mengisi frmulir yang telah kami sediakan dibawah ini. Selain itu juga disini kami menyediakan jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga yang murah yang mungkin anda tertarik silahkan lihat selengkapnya berikut ini “Jasa Pembuatan Website Murah“.